PreSchool Bintaro, TK Bintaro, Sekolah Islam

Metode - Bestariku

Metode

Metode

Anak usia dini memerlukan lingkungan yang dapat memberinya kesempatan untuk mengenal diri dan lingkungan, serta belajar dari eksplorasi yang dilakukan dan stimulasi yang diterima. Idealnya, anak mendapatkan lingkungan yang memberinya kesempatan untuk mendapatkan stimulasi konsisten yang dilakukan dengan menyenangkan.

Bestariku menggunakan pendekatan “belajar yang menyenangkan” dengan penekanan pada pembentukan dasar agar anak senang dan cinta belajar sebagai pondasi untuk mengikuti tahapan pendidikan berikutnya.

Program inti Bestariku dirancang oleh Psikolog Anak dan Pendidikan, menggunakan pendekatan berdasarkan usia dan tahap perkembangan anak (Developmentally Appropriate Practices). Area perkembangan yang distimulasi adalah area fisik (motorik kasar & motorik halus), bahasa, kognisi, sosial, emosi, literasi, dan sensori. Kegiatan juga bertujuan untuk memperluas pemahaman konsep, memberikan pengalaman dan pengetahuan, serta memberikan kesempatan bagi anak untuk melatih dan mengembangkan keterampilan bantu diri dan perilaku yang sesuai dengan ajaran agama Islam dalam keseharian. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

Bersekolah di usia dini juga memberikan anak kesempatan untuk berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa diluar keluarga inti secara konsisten, dalam lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak untuk melakukan pengenalan dan pemahaman terhadap situasi di sekitarnya. Selain lingkungan fisik, Bestariku menyediakan suasana yang kekeluargaan, ramah, menyenangkan, dan saling menghargai dengan tetap konsisten terhadap segala aturan dan rutinitas. Kondisi ini diciptakan agar anak dapat mengenali lingkungan dan mampu untuk menunjukkan perilaku yang sesuai.

  • Blog Bestariku