PreSchool Bintaro, TK Bintaro, Sekolah Islam

Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia 1-4 Tahun - Bestariku

Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia 1-4 Tahun

Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia 1-4 Tahun

Maraknya berita mengenai pelecahan dan kekerasan seksual pada anak tentu mengkhawatirkan orangtua dan juga pendidik. Salah satu faktor penyebab yang disinyalir turut andil dalam merebaknya kasus kejahatan seksual pada anak. Ah, kenapa bisa begitu? Karena ternyata anak tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk melindungi dirinya.

Budaya yang ada dan berkembang di masyarakat saat ini masih menabukan pembicaraan yang berkaitan dengan seksualitas. Dianggap tidak pantas untuk dibicarakan dan didiskusikan. Belum lagi anggapan bahwa ‘seks’ = ‘jorok’ yang membatasi pembicaraan mengengai seksualitas menjadi pembicaraan diam-diam dan bisa jadi tak tentu arah karena informasi yang didapatkan tidak tepat.

Padahal, bicara tentang pendidikan seks pada anak dan remaja, bukanlah seperti yang ada di dalam benak kita orang dewasa. Bukan berarti anak-anak akan belajar mengenai hubu-ngan suami istri, misalnya. Atau, justru remaja akan paham dan melakukan perilaku seks bebas. Bukan itu yang menjadi tujuan pendidikan seks pada anak, dan juga remaja.

Yang ingin disampaikan pada anak dan remaja adalah bahwa tubuh mereka sangat berharga dan harus dijaga dengan baik. Komunikasi dengan Orangtua dan Pendidik juga harus terjalin baik sehingga anak dan remaja akan bertanya dan mendapatkan informasi yang tepat.

Untuk itu, Orangtua dan Pendidik pun harus belajar mengenai pendidikan seks sesuai usia agar dapat menjadi pendamping yang tepat. Diharapkan anak-anak memiliki pemahaman yang baik mengenai tubuhnya, mampu menghargai, dan menjaganya dengan baik. ♥

  • Blog Bestariku