PreSchool Bintaro, TK Bintaro, Sekolah Islam

preschool Bintaro, playgroup Bintaro

Aktivitas Kelompok Bermain

Aktivitas Kelompok Bermain

Kegiatan di Sekolah Bestariku untuk anak Kelompok Bermain usia 2-4 tahun dirancang agar anak-anak senang dan cinta belajar.

Lingkungan sekolah seperti rumah kedua bagi mereka, membuat mereka nyaman untuk berkegiatan bersama – sama tante guru dan teman-teman.

Kegiatan di kelas Kelompok Bermain dibuat sesuai tema setiap bulannya, misalnya Tema Aku Sehat, Liliput dan Raksasa, Kota Yang Sibuk, Sirkus, dan lain sebagainya.

Kegiatan untuk siswa Kelompok Bermain diawali dengan kegiatan bermain bebas. Anak – anak akan mengeskplorasi lingkungan sekitarnya, untuk bermain dan berinteraksi dengan teman dan tante guru.

 

Untuk memulai kegiatan anak-anak berdoa bersama, dan kemudian dilanjutkan dengan senam atau menari. Senam atau tariannya membuat anak-anak bergerak dengan gembira bersama-sama mengikuti irama lagu sambil melatih koordinasi antara gerak dan lagu.

Istirahat sebentar setelah senam, lalu kegiatan dilanjutkan dengan membuat lingkaran. Anak-anak belajar untuk berani menyebutkan namanya di depan teman-teman dan tante guru. Tante guru juga akan menyampaikan “ Akan bermain apa ya kita hari ini?”

Kegiatan di Bestariku dirancang untuk menstimulasi motorik kasar, motorik halus, kognitif, emosi, sosial, paham aturan dan rutinitas. Untuk melatih motorik kasar, anak-anak akan mengikuti kegiatan fisik yang berbeda pada setiap pertemuan. Anak-anak diajak berguling, melompat, memanjat, berjalan zigzag dan lain sebagainya. Kegiatan pun ada yang dilakukan di halaman samping dan ada pula yang dilakukan di dalam kelas.

 

 

Tante guru juga memberikan stimulasi kognitif kepada anak-anak seperti pengenalan huruf dan angka, warna, perbedaan ukuran, dan lain sebagainya. Semuanya dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

 

Kegiatan selanjutnya adalah snack time. Anak-anak membawa bekal dari rumah, dan makan bersama dengan teman-teman. Anak-anak belajar untuk dapat makan dan minum sendiri, belajar menghabiskan bekal yang sudah dibawa, dan juga dapat belajar berbagi dengan teman-teman.

Untuk menstimulasi motorik halus, setiap pertemuan anak-anak akan membuat prakarya disesuaikan dengan tingkatan usianya. Hasil prakarya anak-anak setiap hari dikumpulkan dan akan dibagikan kepada mereka lagi di akhir bulan. Anak-anak senang apabila dapat menunjukkan hasil karya mereka kepada orang tua, dan orang tua bisa melihat dan mengapresiasi hasil karya mereka.

  • Blog Bestariku